Toshiba, Produsen Telepon yang Berevolusi Jadi Raksasa Komputer




Toshiba T1100 (fyk/inet)


Jakarta - Tak ada yang meragukan Toshiba sebagai salah satu vendor komputer terkemuka di dunia. Siapa yang sangka, cikal bakal perusahaan asal Jepang ini bermula ketika Shibaura Engineering Works Company didirikan untuk membuat telepon pertama di Jepang pada tahun 1875.

Pada tahun 1939, perusahaan ini bergabung dengan Tokyo Electric Company untuk membentuk Tokyo Shibarura Electric Company. Kemudian diganti menjadi Toshiba Corporation di tahun 1984 dan tidak berubah hingga mendunia seperti sekarang.


"Pada tahun 1985, kami meluncurkan Toshiba T1100. Itu merupakan PC notebook kelas konsumen pertama," paparGregory Beh, Product Marketing Specialist Toshiba menceritakan rekam jejak perusahaan kenamaan Jepang ini dalam acara Ngopi Bareng detikINET.


Sejak saat itu, Toshiba coba menelurkan beragam inovasi di dunia komputer. Di antaranya pada tahun 1993, mereka memperkenalkan laptop pertama di dunia dengan warna TFT. Kemudian memakai baterai lithium ion pada tahun 1997.


Berlanjut pada dekade 2000-an di mana berbagai produk Toshiba membanjiri pasar global. Tahun 2011, Toshiba memperkenalkan netbook pertama dengan speaker Harman Kardon yang dikenal mereproduksi suara berkualitas.


"Kami merupakan produsen PC terbesar di Jepang. Dan kami berinvestasi lebih banyak di bidang riset dan pengembangan dibandingkan produsen PC yang lain," pungkas Gregory.


Ngopi Bareng detikINET ini didukung sepenuhnya oleh Toshiba dan detikTV.


( fyk / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!