Bikin OS Komputer Nasional, China Gandeng Ubuntu




Ilustrasi (ist)


Beijing - Demi menghadirkan sistem operasi terstandar bagi pemerintahan dan warga, China menggandeng Canonical selaku pembesut Ubuntu. Mereka mengembangkan sistem operasi Ubuntu yang dioptimalisasi khusus bagi penggunaan di negeri Tirai Bambu tersebut.

Lebih lanjut, sistem operasi Ubuntu untuk pasar China tersebut nantinya tidak hanya tersedia untuk perangkat komputer dan notebook. Akan tetapi juga disiapkan bagi perangkat smartphone dan juga komputer tablet.


Nantinya sistem operasi bernama Ubuntu Kylin bakal diluncurkan bersamaan dengan Ubuntu versi 13.04. Ubuntu Kylin juga akan terintegrasi dengan layanan lokal yang populer di China seperti Baidu Search dan juga Alibaba.


Namun tujuan sesungguhnya pemerintah China mengembangkan Ubuntu khusus itu dikabarkan guna menggerus sistem operasi Microsoft Windows yang hingga saat ini mendominasi. Ubuntu Kylin akan menjadi semacam sistem operasi nasional di China.


Berdasarkan data yang diperoleh dari situs analytics cnzz.com, Microsoft Windows telah menguasai hingga 95 persen pasar di China. Demikian seperti dikutip detikINET dari PCadvisor, Jumat (22/3/2013).


( fyk / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!