Waspada! Trojan Baru Incar Pengguna Mac




Ilustrasi (detikINET)


Jakarta - Pengguna Macboook milik Apple semakin sering diincar oleh penjahat cyber. Paling terbaru, sebuah trojan mencoba menjebak pengguna laptop OS X ini dengan iming-iming trailer film.

Trojan bernama Yontoo ini menginfeksi pengguna Macbook dengan memasang plug-in palsu yang seolah-olah dibutuhkan untuk menonton potongan film. Setelah terinstal, bukan media player yang didapat, malah malware yang berhasil masuk.


Yontoo pertama ditemukan pertama kali oleh perusahaan antivirus asal Rusia, Dr Web. Menurut mereka, selain plug-in palsu, malware ini menyamar sebagai perangkat lunak lainnya untuk meningkatkan kualitas video atau memperpendek waktu download.


Setelah pengguna terjebak, Yontoo menginstal sendiri pada Safari, Chrome dan Firefox, yang menjadi browser populer di kalangan pengguna Mac. Demikian yang dikutip detikINET dari The Next Web, Jumat (22/3/2013).


Macbook yang terinfeksi akan mengirimkan data tentang pengguna ke server remote. Yontoo kemudian embeds kode ke situs yang dikunjungi, sehingga pengguna yang terinfeksi dipaksa melihat iklan.


Iklan tersebut akan terus muncul dalam bentuk pop-up. Bentuk iklan yang mengusung konsep pay-perclik ini menjadi ladang bagi penjahat untuk mengeruk uang.


Belum ada informasi lebih jauh apakah trojan Yontoo ini hanya sekedar memaksa pengguna Mac untuk mengklik iklan berbayar atau mencuri data juga.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!