Isu Versi Murah GTX Titan Makin Santer




Jakarta - Nvidia memiliki kartu grafis kelas atas bernama GTX Titan. Masalahnya, harga produk tersebut masih terlalu mahal, sehingga memaksa Nvidia untuk membuat produk serupa yang lebih terjangkau.

GTX Titan yang menggunakan GPU GK110 didukung oleh 2,688 core CUDA, 224 texture unit, 48 ROP, DDR5 6 GB, dengan total 7,1 miliar transistor di dalamnya. Tak heran jika performanya dahsyat dan harganya menjulang tinggi.


Satu-satunya keluarga dekat GTX Titan adalah GTX 680 yang dijual sekitar USD 500, sementara GTX Tidan dibanderol USD 900. Untuk mengisi celah tersebut kabarnya Nvidia sudah menyiapkan kartu grafis anyar.


Seperti dikutip detikINET dari Toms Hardware, Rabu (20/3/2013), kartu grafis anyar ini bakal menggunakan GPU yang sama dengan GTX Titan. Hanya saja Nvidia akan ada beberapa fitur yang akan 'disunat'.


Tapi tetap saja, berkat DNA GK110 yang sangat perkasa, produk ini diperkirakan bisa menjadi salah satu kartu grafis tercepat yang ada di pasaran.


Dugaan sementara kartu grafis itu akan dipersenjatai 2496 core CUDA, 192 TMU, dan 40 ROP. Pada sektor memori versi murah GTX Titan ini akan bakal mengusung jenis GDDR55 GB yang berjalan pada interface 320 bit.


( eno / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!