Intel Sanggah Kabar Kematian Tizen

Jakarta - Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa Samsung tidak akan melahirkan Tizen. Namun hal ini ditepis oleh Intel, raksasa chip yang ikut mengembangkan sistem operasi tersebut.

Gosip soal kematian Tizen pertama kali dihembuskan oleh Eldar Murtazin, pengamat teknologi yang seringkali tepat prediksinya. Menurut dia sistem operasi kolaborasi Samsung-Intel itu tidak akan dirilis.


Dengan cepat Intel mengeluarkan pernyataan yang membantah gosip tersebut. Sistem operasi itu pun dijanjikan bakal tetap meluncur sesuai dengan jadwal yang mereka buat.


"Intel sudah berkomitmen untuk terus mengembangkan Tizen. Kami melihat keunikan Tizen yang dapat menciptakan sesuatu yang baru di sistem operasi mobile," tulis pernyataan Intel, seperti dikutip detikINET dari Tizenexpert, Senin (8/7/2013).


Dalam keterangan yang sama Intel juga menegaskan bahwa mereka akan tetap menggelontorkan dukungan untuk Tizen, hal ini bisa dilihat dengan diluncurkannya SDK untuk sistem operasi tersebut pada pekan lalu.


Belum ada tanggapan resmi dari Samsung mengenai gosip tersebut, namun dukungan produsen asal Korea Selatan ini terlihat dari digelontorkannya dana USD 4 juta untuk kontes membuat aplikasi di Tizen.


(eno/ash)