Kamera Saku Lesu, Nikon Siapkan 'Senjata' Baru

Jakarta - Penjualan kamera kompak yang digerogoti oleh kelahiran smartphone, membuat produsen kamera harus merancang strategi, salah satunya adalah Nikon.

Menurut Presiden Nikon Corp. Makoto Kimura, penjualan kamera point-and-shoot anjlok sekitar sepertiganya pada bulan April dan Mei dibandingkan tahun sebelumnya.


"Jumlah orang yang mengambil snapshot meledak seiring penggunaan smartphone yang terjual 750 juta pada tahun lalu dan terus bertumbuh," tukas Kimura.


Tak mau berdiam diri dengan kondisi ini, Nikon tengah menggarap produk yang akan siap dalam kurang dari 5 tahun. Agaknya, produk yang dimaksud bukan produk biasa.


"Kami ingin menciptakan produk yang bakal mengubah konsep kamera," demikian ucap Kimura. "Bisa jadi, ini adalah non-camera-consumer product," tambahnya. Namun, Kimura menolak berkomentar mengenai kemungkinan bahwa produk yang dimaksud adalah sebuah ponsel.


Dikutip dari Bloomberg, Senin (8/7/2013), Nikon memprediksi, market kamera kompak akan melesu hingga 12% pada tahun fiskal ini. Di lain sisi, model high-end dengan lensa yang bisa diganti, akan mencapai 9%.


Permintaan untuk kamera papan atas seperti Nikon D4 untungnya dapat membantu mengkompensasi penjualan model point-and-shoot yang menurun, setidaknya untuk beberapa tahun lagi.


(sha/ash)