Fakta Lain di Balik Foto Ikonik 'Afghan Girl'

Jakarta - Siapa sangka, bahwa foto ikonik Afghan Girl ternyata hampir tidak dipilih menjadi sampul majalah National Geographic. Fakta ini diutarakan sendiri oleh Steve McCurry yang tak lain adalah fotografer di balik karya legendaris itu.

Dalam sebuah acara televisi Today Show, tak banyak memang yang disampaikan McCurry, mengingat ia baru saja merilis buku Untold: The Stories behind the Photographs.


Menurut McCurry, editor foto National Geographic kala itu lebih memilih untuk memakai hasil bidikan McCurry yang lain. Foto yang dimaksud adalah saat Sharbat Gula --subyek dalam foto-- menutupi sebagian wajahnya dan hanya menyisakan mata dengan sorot tajam yang terkenal itu.


Namun belakangan editor majalah menelepon editor foto di menit-menit terakhir dan memilih untuk memasang foto yang kini dikenal luas.


"Saya tahu itu adalah portrait yang sangat kuat. Namun saya tidak pernah bermimpi bahwa ini akan menjadi foto ikonik," tukas McCurry seperti dikutip dari PetaPixel, Rabu (23/10/2013).


Foto Afghan Girl sendiri menjadi sampul majalah National Geographic tahun 1985. Foto ikonik tersebut dibidik McCurry dengan menggunakan Nikon FM2 ditemani lensa Nikkor 105mm f/2.5.


(sha/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!