Trafik Data Telkomsel Melonjak 3 Kali Lipat di IGF 2013

Jakarta - Adanya perhelatan Internet Governance Forum (IGF) 2013 di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) ternyata berimbas pada trafik data Telkomsel. Kenaikannya cukup signifikan, mencapai 316%.

Pada kondisi hari biasa, trafik data Telkomsel di kawasan BNDCC rata-rata cuma 485 MB per hari. Namun saat event IGF 2013 berlangsung, trafik data tersebut langsung melonjak menjadi 2.032 MB atau naik tiga kali lipat.


Meski mengalami lonjakan trafik data yang tinggi akibat ribuan pengunjung yang menghadiri IGF 2013, nyatanya indikator kualitas layanan Telkomsel di lokasi acara selama tiga hari terakhir (22/10/2013 – 25/10/2013) mampu menunjukkan angka di atas standar kualitas yang ditetapkan Kementerian Kominfo.


Untuk kualitas layanan data, success rate diklaim menunjukkan angka 99,82%. Sementara kualitas layanan suara diukur yang berdasarkan call setup success rate (CSSR) sebesar 99,85% dan call completion success rate (CCSR) adalah 99,93%.


“Setiap saat kami terus memonitor kualitas jaringan untuk memastikan para peserta konferensi dapat berkomunikasi dengan nyaman, baik saat menggunakan layanan suara maupun ketika terkoneksi dengan layanan data,” ucap GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto.


Telkomsel sendiri sebenarnya telah mengantisipasi lonjakan data pada event IGF 2013 dengan menyiapkan jaringan sesuai standar KTT APEC 2013 yang lalu, di mana peningkatan trafik layanan data yang terjadi saat itu mencapai 33,6% di lokasi-lokasi utama penyelenggaraan konferensi.


“Kapasitas jaringan di BNDCC telah kami tingkatkan hingga lima kali lipat dari biasanya. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran komunikasi data para peserta forum yang merupakan pakar internet dari seluruh dunia, yang tentunya sangat membutuhkan akses layanan data yang berkualitas,” tambah Ganot.


Selain itu, selama penyelenggaraan IGF 2013, Telkomsel juga menyediakan sekitar 2.000 kartu perdana simPATI APEC reguler dan 4G LTE yang secara gratis dibagikan bagi para peserta yang hadir.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!