Pasar iPad Turun, Apple Tetap Pede Jual Mahal

Jakarta - iPad memang masih memimpin dalam industri tablet PC. Sayang belakangan ini, pangsa pasar tablet jagoan Apple ini menurun. Namun tetap saja iPad generasi baru dijual mahal.

iPad Mini Retina Display dijual mulai USD 399 atau di atas Rp 4 juta. Padahal deretan tablet Android banyak yang dijual di bawah banderol tersebut, dengan spesifikasi dan fitur yang tidak buruk. Namun, Apple memang dikenal ketat dalam menjaga brand premiumnya.


"Kami kaget Apple meningkatkan harga iPad Mini menjadi USD 399, menciptakan overlap dengan iPad 2 Wi Fi," kata Toni Sacconaghi, analis industri di Sanford C Bernstein & Co.


"Meskipun iPad Mini ongkos pembuatannya lebih tinggi, terutama karena adanya Retina Display, Google, Amazon dan lainnya menawarkan tablet entry level hanya USD 230 atau lebih murah lagi," tambahnya.


Menurut biro riset IDC, pangsa pasar iPad turun dari 60% di kuartal II 2013, menjadi 32% di kuartal III 2013. Penyebabnya, banyak pesaing bermunculan. Demikian seperti detikINET kutip dari Chicago Tribune, Kamis (24/10/2103).


(fyk/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!