Samsung Untung Rp 83,7 Triliun Berkat Galaxy S4

Seoul - Samsung meraih keuntungan USD 7,6 miliar atau sekitar Rp 83,7 triliun di kuartal ketiga 2013 ini setelah berhasil menjual 40 juta unit Samsung Galaxy S4 dan mengembalikan performa bisnis chipset memory.

Seperti detikINET kutip dari BBC, Sabtu (26/10/2013), keuntungan ini naik 26%. Kinerja positif ini juga berhasil menutupi kerugian akibat persaingan dengan iPhone keluaran Apple serta menyusutnya margin keuntungan dari lini produk televisi.


Penjualan smartphone murah Samsung di negara-negara seperti China, Amerika Selatan dan Eropa bagian timur juga mampu menutup penurunan permintaan akibat tingginya harga handset terbaru.


CEO Samsung JK Shin mengungkapkan, keuntungan yang diraih perusahaannya sebagian besar akibat tingginya angka penjualan Galaxy S4 dalam enam bulan terakhir setelah resmi dipasarkan.


Seperti dilansir Android Police, penjualan Galaxy S4 berhasil menembus angka 40 juta unit dalam setengah tahun. Angka ini melampaui Galaxy S III yang 'hanya' terjual 30 juta unit dalam waktu enam bulan.


Menurut Fund manager LS Asset Management, Kim Sung-soo, kinerja Samsung di kuartal ketiga tahun ini lumayan bagus. Namun ia khawatir, kondisi tersebut tidak akan bertahan lama.


"Seperti Nokia, Samsung tak lama lagi akan terbentur pada pangsa pasar yang dibidiknya. Belum lagi Apple sudah menunjukkan sinyal untuk bangkit kembali," demikian analisanya.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!