Ping! Tunanetra Pun Siap BBM-an di Android

Jakarta - Kehadiran BBM lintas platform ternyata tak hanya ditunggu pemakai gadget bermata sempurna. Kawan-kawan kita yang tunanetra pun cukup antusias menjajal aplikasi chat besutan BlackBerry tersebut. Nah, penulis -- yang tunanetra -- berkesempatan mencicipi BBM untuk Android, dan akan membagi pengalaman ber-BBM ala tunanetra di artikel ini!

Ok, sebelum membahas lebih jauh, berikut ini adalah PIN yang berhasil penulis peroleh: 764DD9F2. PIN ini penulis berikan agar mempermudah pembaca yang ingin memasangkan BBM untuk rekan atau keluarganya yang tunanetra.


* Persiapan Awal


Agar tunanetra dapat mengakses ponsel Android, maka sebuah aplikasi pembaca layar bernama Talkback harus diaktifkan terlebih dahulu. Aplikasi ini terletak di Settings/Pengaturan > Accessibility/Aksesibilitas.


Jika tidak ada silakan download dulu dari PlayStore dengan nama Talkback (ada logo tangan). Pastikan Talkback yang dipasang adalah versi terbaru.


Untuk mempermudah dalam proses pengetikan nantinya, penulis menyarankan untuk memasang Google Keyboard dan menjadikannya keyboard default. Silakan set juga Google Voice Typing ke bahasa Indonesia agar mudah menggunakan fitur mengetik dengan suara nantinya.


* Instalasi dan Blackberry IDNext


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!