BRTI Minta Rencana Bisnis 10 Tahun XL

Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) akan meminta dokumen rencana bisnis 10 tahun mendatang dari XL terkait rekomendasi teknis untuk kepemilikan frekuensi antara XL dan Axis nantinya.

"Kami tak ingin main-main, sebab kami harus menjaga asset negara. Karena frekuensi kan bukan aset yang dianggap sebagaian dari bagian milik perusahaan," ujar salah satu anggota BRTI M Ridwan Effendi, kepada wartawan, di Jakarta.


Dia juga menambahkan, dalam menentukan kajian teknis ini akan merujuk juga pada model laporan operator di Amerika Serikat ke Federal Communications Commusision (FCC) dalam kasus merger, dan tata cara penilaian kelayakan merger untuk sector telelomunikasi.


Komposisi kepemilikan frekuensi XL sendiri saat ini adalah 15 MHz atau setara tiga blok (8, 9, dan 10) di spektrum 2,1 GHz untuk layanan 3G. Sedangkan untuk 2G, XL juga punya di 1.800 Mhz dan 900 MHz, masing-masing 7,5 MHz.S Sementara Axis menduduki dua blok 3G di 2,1 GHz, yakni blok 11 dan 12. Sementara untuk 1.800 MHz memiliki lebar pita 15 MHz.


Seperti diketahui, Menkominfo Tifatul Sembiring membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk membuat kajian teknis terkait dampak konsolidasi XL-Axis.


Beredar kabar Pokja akan menyodorkan tiga opsi ke Menkominfo untuk memilih alokasi frekuensi bagi XL-Axis.


Opsi pertama, tidak ada frekuensi yang ditarik oleh pemerintah alias XL-Axis utuh mendapatkan kembali sumber daya alamnya. Opsi kedua, menarik frekuensi selebar 5 MHz di 2,1 Ghz atau 3G, sehingga XL-Axis hanya memiliki 20 MHz di 3G dan 30 MHz di 2G.Opsi ketiga, menarik frekuensi selebar 5 Mhz di 2,1 GHz dan 5 MHz di 1.800 MHz sehingga XL-Axis nantinya hanya memiliki 20 MHz di 3G dan 25 Mhz di 2G.Next


(tyo/tyo)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!