Pinterest Bernilai Rp 41,8 Triliun

Jakarta - Market cap alias valuasi bisnis yang dimiliki oleh Pinterest dinilai telah mencapai USD 3,8 miliar atau sekitar Rp 41,857 triliun oleh pemberi pinjaman yang akan membantu ekspansi jejaring sosial tersebut ke pasar mobile.

Pinterest berhasil mendapatkan tambahan dana pinjaman sekitar USD 225 juta dari Fidelity Investments. Pinjaman pertama sendiri diperoleh Pinterest sekitar 2,5 tahun yang lalu.


"Kami harapkan bisa melayani pelanggan lebih baik. Investasi baru ini akan membuat kami lebih agresif," ungkap Chief Executive Pinterest, Ben Silbermann, seperti detikINET kutip dari Cellular News, Sabtu (26/10/2013).


Belum lama ini, Pinterest mulai agresif menggarap pasar advertising untuk mendapatkan keuntungan. Situs ini baru berumur tiga tahun, namun sudah berhasil memikat banyak pengguna terutama dari kalangan muda.


Pinterest yang baru saja mendapatkan pinjaman uang dalam jumlah besar, sebelumnya telah mengeluarkan update design untuk aplikasi mobile. Layanan berbagi foto ini memperkenalkan interface dan animasi baru.


Animasi yang ditampilkan, hampir serupa dengan yang dipopulerkan Path, yakni ikon bulat kecil yang akan muncul saat pengguna melakukan tap pada layar. Nah, dari sinilah terjadinya sengketa logo antara Pinterest dan Path.


Langkah Pinterest mematenkan trademark logo 'P' yang selama ini dipakainya, berusaha dijegal oleh Path. Kasus Path dan Pinterest, terbilang menarik karena desain logo keduanya memang punya gaya yang semakin mirip. Kemiripan ini memang bisa saja menimbulkan kebingungan di antara pengguna.


Namun Pinterest boleh saja percaya diri dalam urusan sengketa ini. Pasalnya, dalam urusan gugat-menggugat, perusahaan ini telah punya pengalaman. Belum lama ini, Pinterest meraup keuntungan USD 7,2 juta dari gugatan trademark atas pelanggaran merek dagang yang dimenangkannya dari sejumlah perusahaan asal China.


Dari hasil gugatan tersebut, jejaring sosial berbagi foto ini juga memiliki hak atas 100 domain yang meniru-niru merek dagang miliknya, antara lain pinterests.com, pimterest.com dan pinterost.com.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!