Regulasi 4G LTE Siap Digodok Akhir 2013

Nusa Dua, Bali - Migrasi 3G telah dipastikan rampung lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Kini, pemerintah melalui Kementerian Kominfo mengantungi agenda baru terkait teknologi selular teranyar 4G LTE (Long Term Evolution).

Ya, teknologi data selular kecepatan tinggi 4G LTE bisa jadi tidak akan memakan waktu lama untuk menyambangi Indonesia. Menkominfo Tifatul Sembiring menyatakan mulai bulan November 2013, regulasi 4G LTE akan mulai digodok.


“Mengenai teknologi 4G LTE, peluang bisnisnya kemungkinan akan mulai terbuka akhir tahun ini,” ungkap Tifatul di event IGF 2013 di Nusa Dua, Bali.


Pernyataan MenKominfo itu pun diamini oleh Gatot S. Dewabroto selaku Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo. Menurutnya, regulasi adaptasi teknologi 4G LTE memang telah direncanakan mulai dikerjakan akhir tahun ini.


“Regulasi 4G LTE akan dimulai dengan penyusunan keputusan menteri tentang peluang usaha (4G LTE), sama dengan 3G yang dulunya juga seperti itu,” jelasnya.


Di waktu bersamaan Kementerian Kominfo juga akan melakukan penyusunan Peraturan Menteri yang akan melalui proses uji publik terkait Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang 4G LTE yang sedang disusun.


“Bulan November atau bulan Desember direncanakan bakal mulai disibukkan dengan penyiapan untuk penyusunan materi RPM untuk 4G LTE,” pungkas Gatot.


(yud/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!