Modernisasi Jaringan XL Rampung Akhir November

Jakarta - Modernisasi jaringan XL Axiata pada sejumlah BTS miliknya di berbagai kota di Indonesia akan rampung tak lama lagi. Pelanggan XL diklaim segera mendapatkan layanan dua kali lebih baik dari sebelumnya.

Dijelaskan Agus Simorangkir, Vice President Project Management Officer XL bahwa saat ini pengerjaan modernisasi jaringan XL sudah selesai hingga 95%. Kawasan Jawa bagian tengah yang saat ini tengah dikerjakan penyelesaiannya.


"Di Jawa Tengah tinggal 20-30% sudah akan selesai. Kita perkirakan akhir Bulan November ini akan selesai, sehingga 100% modernisasi bisa akan rampung seluruhnya," kata Simo-panggilan akrabnya, di Kuningan City, Jakarta, Jumat (25/10/2013).


Selain memodernisasi jaringan, XL Axiata, seperti dikatakan Simo, juga sudah merampungkan kabel fiber optic di jalur pantai Aceh Barat sepanjang 829 KM. Daerah tersebut pernah hancur karena tersapu oleh Tsunami pada tahun 2004 silam.


Hingga kuartal pertama tahun 2013, XL sudah membangun sekitar 41.293 BTS dan 21 ribu KM fiber optic.


"Di usia XL yang mencapai 17 tahun, XL bangga menjadi bagian 290 juta pelanggan seluler di Indonesia. Perubahan pun terus terjadi, dari dahulu hanya layanan SMS atau Voice kini beralih ke data," kata CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi.


Koneksi data di XL, kata Hasnul telah mencapai peningkatan yang luar biasa. Dari yang boleh dibilang tidak ada, kini trafiknya menjadi sebesar 22,6 TB.


"Dengan modernisasi ini diharapkan mampu memberikan kapasitas dan kualitas yang lebih lagi kepada pelanggan," tandas Hasnul.


(tyo/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!