Mantan Bos Apple Tertarik Akuisisi BlackBerry

Jakarta - John Sculley, mantan CEO Apple yang terkenal karena mendepak Steve Jobs, dikabarkan tertarik mengakuisisi BlackBerry, bekerja sama dengan beberapa mitranya. Ia pun menambah daftar panjang calon pembeli BlackBerry.

Ketika dikonfirmasi, John hanya menjawab diplomatis. "Saya memang sudah lama jadi fan dan user BlackBerry," tukas dia.


Sejauh ini, beberapa pihak dikabarkan tertarik membeli BlackBerry. Yang sudah memberi penawaran adalah Fairfax Financial Holding dengan nilai USD 4,7 miliar. Mantan CEO BlacBerry, Mike Lazaridis, juga disebut tertarik pada bekas perusahaannya.


Pihak lain yang mendekati BlackBerry adalah raksasa komputer asal China, Lenovo. Lenovo sudah diberi lampu hijau untuk memeriksa kondisi keuangan BlackBerry, yang mungkin saja berujung pada akuisisi.


Dilansir Globe & Mail dan dikutip detikINET, Jumat (25/10/2103), John sendiri meyakini BlackBerry akan mampu bangkit. Dengan syarat ditangani oleh orang yang tepat.


"Saya pikir ada masa depan untuk BlackBerry. Namun tanpa orang berpengalaman yang menjalankan bisnis ini dan tanpa rencana strategis, akan sangat berat," tukas pria yang juga pernah menjadi CEO Pepsi ini.


(fyk/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!