Mau Dicaplok XL, Axis PHK Karyawan

Jakarta - Proses akuisisi Axis oleh XL Axiata memang belum sepenuhnya rampung, namun operator yang identik dengan warna ungu itu sudah ancang-ancang untuk memangkas jumlah karyawan.

Anita Avianty selaku Head of Corporate Communication Axis mengatakan, pengurangan karyawan yang bakal dilakukan anak usaha Saudi Telecom Company (STC) tersebut merupakan bagian dari rasionalisasi yang harus dilakukan perusahaan.


"Memang ada efisiensi, dengan melakukan penyederhanaan dari fungsi-fungsi yang ada. Tetapi proses operasional tak terganggu, berjalan seperti biasa," ujarnya kepada detikINET, Jumat (25/10/2013).


Pun demikian, PHK karyawan yang bakal dilakukan Axis tidak ada kaitannya dengan proses akuisisi yang bakal dilakukan XL terhadap Axis.


"Bukan karena itu (proses akuisisi-red.), tetapi untuk menjaga stabilitas finansial agar dapat bertahan di industri ini," lanjut Anita.


Sayang, belum diketahui jumlah karyawan Axis yang akan menjadi korban pemangkasan ini. Axis sendiri saat ini memiliki sekitar 700 karyawan permanen. "Ini masih dihitung-hitung oleh divisi HR (Human Resource)," Anita menandaskan.


Sejauh ini, XL telah melakukan penandatanganan perjanjian jual-beli bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement/CSPA) dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment B.V. untuk membeli Axis.Next


(ash/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!