YouTube Siapkan Layanan Musik Berbayar

Jakarta - Sebuah layanan musik berlangganan kabarnya bakal dirilis YouTube. Layanan yang dimaksud diprediksi bakal hadir pada beberapa bulan ke depan.

Billboard, yang pertama menyiarkan kabar ini mengatakan bahwa layanan ini akan menyerupai Spotify, namun dengan penambahan komponen video. Akan ada dua model dalam layanan tersebut, yakni free dan premium.


Mereka yang mendaftar di layanan premium diberi keuntungan untuk menyingkirkan iklan dan menyimpan musik offline agar bisa didengarkan tanpa koneksi internet.


Akses tak terbatas pada artis dan album juga ditawarkan. Hal ini tentu menggembirakan, mengingat ada artis yang memang menyediakan lagu-lagu di albumnya untuk dinikmati di YouTube, namun masih 'menyembunyikan' satu atau dua track.


Seperti dikutip dari TheVerge, Kamis (24/10/2013), untuk yang opsi ini, pengguna diminta membayar USD 99,9 per bulannya. Tidak diketahui apakah layanan berlangganan tersebut berlaku di semua negara.


Google juga dilaporkan telah merampungkan semua persetujuan untuk memuluskan rencana mereka. Meski YouTube tercatat memiliki 1 miliar pengguna bulanan, namun sejauh ini mereka hanya bisa menguangkan layanannya itu melalui iklan.


Google sendiri masih belum mau berbicara akan desas-desus tersebut. Juru bicara Youtube hanya mengatakan, "Kami selalu mengupayakan cara baru dan lebih baik bagi orang untuk menikmati konten YouTube di semua layar dan memberikan partner lebih banyak kesempatan untuk menjangkau penggemar mereka".


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!