IBM Gantungkan Asa Bisnis Setinggi 'Awan'

Orlando - IBM yang dulunya pernah sangat berjaya di bisnis komputer PC, kini ingin mengulangi lagi masa-masa keemasannya di era komputasi awan. Cloud computing bahkan diakui sebagai lumbung pemasukan terbesar perusahaan saat ini.

Dalam upayanya merajai bisnis cloud dunia, perusahaan yang didirikan pada 1911 silam ini pun rela menggelontorkan uang lebih dari USD 6 miliar untuk mengakuisisi lebih dari selusin perusahaan cloud sejak 2007. Tercatat, 10 akuisisi di antaranya digeber sejak 2010 demi roadmap bisnis cloud 2015.


Seperti disaksikan detikINET langsung dalam acara IBM Enterprise 2013 di Orlando, AS, Chief Operating Officer IBM Jeanette Horan, memaparkan secara detail rencana bisnis perusahaan untuk jangka waktu dua tahun ke depan.


Raksasa teknologi ini menargetkan, dari cloud computing saja pihaknya bisa mendulang pendapatan sekitar USD 7 miliar di 2015. Pendapatan ini diharapkan datang dari lini bisnis penyediaan jaringan dan penyewaaan fasiitas cloud, serta akses untuk bisnis SaaS alias Software-as-a-Services.


"Cloud adalah pendorong pertumbuhan untuk IBM, satu dari empat lini bisnis utama kami. Pendapatan IBM di cloud tumbuh 80% pada 2012. Dan di paruh pertama 2013 ini, pendapatan cloud juga naik lebih dari 70%," papar Horan.


IBM yang memiliki 47 ribu karyawan di seluruh dunia, 37 ribu di antaranya merupakan cloud expert di industri yang mengoperasikan 25 pusat data cloud secara global. 40% dari total karyawannya itu pun bekerja secara remote dan 100 ribu di antaranya menggunakan perangkat yang dibawa sendiri alias BYOD--bring your own devices.


Dipaparkan oleh Horan, setiap harinya ada sekitar 5,5 juta transaksi pelanggan yang lalu-lalang di server cloud B2B milik IBM. Tercatat juga, ada 2 miliar dokumen pelanggan yang dipertukarkan setiap tahunnya lewat jaringan cloud IBM--yang juga digunakan untuk lebih dari 300 ribu transaksi global di dalamnya.Next


(rou/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!