BlackBerry Passport Pasti Masuk Indonesia, Harganya?

London - BlackBerry tak mau menunda-nunda ketersediaan BlackBerry Passport. Hingga akhir tahun ini, smartphone dengan desain unik itu dijadwalkan menyambangi lebih dari 30 negara.

"Passport sudah langsung tersedia bagi konsumen Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Inggris dan Jerman secara online di situs BlackBerry," kata COO BlackBerry Marty Beard dalam peluncuran BlackBerry Passport di London, Inggris.


Ketersediaan di negara lain disebutkan Marty dalam waktu dekat, termasuk di Indonesia. Namun dia mengaku belum bisa mengungkapkan kapan tepatnya.


Soal harga pun, BlackBerry dalam peluncurannya belum secara gamblang menyebutkan. Meski demikian, perkiraan harga bisa dilihat dari banderol di sejumlah negara yang sudah mulai menjual. Di Kanada misalnya, banderolnya 699 dolar, Prancis dan Jerman 649 euro, Inggris 529 poundsterling dan Amerika Serikat USD 599. Nah, di Indonesia kemungkinan besar ada di angka Rp 6-7 jutaan.


Selain Passport, Marty juga sempat sedikit menyinggung BlackBerry Classic. Handset BlackBerry bergaya lawas ini juga akan menyusul Passport. Indonesia pun masuk dalam daftar. Namun lagi-lagi Marty tidak bersedia mengungkapnya.


Berbeda dengan Marty, President Global Enterprise Solutions BlackBerry John Sim lebih blak-blakan soal ini. Berbincang dengan detikINET di Jakarta beberapa waktu lalu, dia mengatakan Blackberry Passport diperkirakan masuk Indonesia tak lama lagi.


"Blackberry Passport akan masuk Indonesia dalam waktu dekat, mungkin Oktober nanti. Sedangkan Blackberry Classic akhir tahun‎ sudah tersedia. Classic akan pakai keyboard ala BlackBerry Bold," sebutnya.


Tampak jelas BlackBerry kini fokus kembali menyasar kalangan enterprise. Baik Passport maupun Classic, didesain untuk kenyamanan para pengguna setia BlackBerry dan pebisnis.


Terutama Passport, desain unik, layar besar dan keyboard fisik jelas menjadi senjata BlackBerry menduduki kembali posisinya yang memang dikenal sebagai pembesut handset untuk kalangan bisnis.


(rns/ash)