Konica Minolta Ingin Jadi Penguasa Mesin Cetak Jatim

Jakarta - Konica Minolta, perusahaan yang bergerak di bidang mesin printing, meluncurkan Bizhub Press C1070/C1060 di Surabaya. Kehadiran produk ini diharapkan dapat mempertahankan posisi Konica menguasai pangsa pasar mesin cetak di Jawa Timur.

"Target kita tetap sama seperti tahun sebelumnya hingga 70% (market share). Kalau bisa lebih dari 70%," ujar Rudy Soenardi, Direktur PT Gading Adyasejati -- distributor Konica Minolta di Jatim -- di sela launching Bizhub Press C1070/C1060 di Hotel JW Marriott Surabaya, Kamis (25/9/2014).


Bizhub Press C1070/C1060 merupakan digital offset yang merupakan penyempurnaan dari mesin terdahulunya. Katanya, mesin tersebut sangat cocok untuk usaha cetak mencetak dan mempunyai kemampuan di berbagai media (paper) dengan kualitas yang mendekati kualitas cetakan offset.


Kelebihan lain dari mesin tersebut yakni dapat mencetak dengan gramatur 300 gram dengan auto duplex. Mencetak thin paper seberat 90 gram dengan auto duplex. Serta dapat mencetak sebanyak 3.316 hingga 3.907 dalam kurun waktu 1 jam. Mesin tersebut dibandrol sekitar Rp 600 juta.


"Kami juga sangat memperhatikan lingkungan hidup dengan teknologi dan inovasinya. Harganya juga bersaing. Kita ngomong bukan mahal tapi juga bukan murahan," tuturnya.


Sementara itu, Deputi Direktur PT Perdana Jati Putra -- distributor Konica Minolta -- Susanto Kolim menambahkan, market share mesin cetaknya secara nasional munguasai sekitar 70%. Dari jumlah tersebut, Jawa Timur menyumbangkan sekitar 35-40 persen.


"Industri printing lagi booming di Indonesia. Mesin ini menjawab kebutuhan mesin printing," ujarnya.


Ia menerangkan, setelah diluncurkan di Jakarta dan Surabaya, rencananya dalam waktu dekat Bizhub Press C1070/C1060 akan merambah daerah lainnya. "Pekan depan di Bali. Selanjutnya di Pekanbaru dan Yogyakarta," tandasnya.


(roi/ash)