Masih Ada Samsung di 'Otak' iPhone 6

Jakarta - Perseteruan panas antara Apple dan Samsung belum memutus jalinan kerja sama mereka. Meski perlahan-lahan pembuatan komponen iPhone dialihkan Apple ke pihak lain, masih ada campur tangan Samsung di iPhone 6.

Menurut penelitian dari IHS yang detikINET kutip dari Apple Isnider, Rabu (24/9/2014), prosesor A8 yang menjadi otak iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memang sebagian besar dibuat pabrikan TSMC asal Taiwan dengan bagian 60%. Tapi sisanya sebesar 40% masih dibuat oleh Samsung.


Meski disinyalir ingin melepas sepenuhnya ketergantungan dari Samsung soal pasokan komponen, kenyataannya Apple masih mendelegasikan pembuatan prosesor A8 pada Samsung dalam jumlah besar. Menurut taksiran IHS, prosesor ini memakan biaya pembuatan USD 20.


Dengan demikian, laris manisnya iPhone 6 yang dilaporkan sudah terjual 10 juta unit juga membuat Samsung ketiban untung. Meski barangkali tidak seperti di zaman dahulu di mana Apple masih banyak bergantung pada Samsung soal komponen.


Sebelumnya, Apple juga mencari pemasok lain layar Retina di iPad Mini. Tapi karena belum menemukan yang cocok, mereka akhirnya juga kembali pada Samsung.

(fyk/ash)