Onno Bikin Kuliah IT Gratis di Internet, Siapa Mau Ikut?

http://us.images.detik.com/content/2014/09/26/398/onno46.jpgOnno W. Purbo (rou/detikINET)


Jakarta - Onno bukan orang yang pelit ilmu. Bagi dia, ilmu menjadi hak bagi siapa saja yang mau belajar. Kalau Anda kepengen belajar dan mau sepintar Onno dalam urusan IT, silakan saja ikut mata kuliahnya di internet. Gratis!

Onno Widodo Purbo, demikian nama lengkap pria gempal berkacamata ini. Sebelum kita banyak mengenal sosok ini sebagai pegiat IT proletar, Onno dulunya seorang akademisi di salah satu institut teknologi ternama.


Nah, meskipun tak lagi mengajar di kampus, kecintaannya terhadap dunia pendidikan tak ikut luntur. Siapa saja yang mau berguru padanya, akan diterima dengan tangan terbuka. Agar lebih memudahkannya dalam menurunkan ilmu, Onno pun bikin situs khusus.


"Belum lama ini gue bikin situs http://cyberlearning.web.id. Kalau ada yang mau belajar IT, sok aja mangga ikutan kuliah di situ. Semuanya gue gratisin," kata Onno penuh semangat saat ngobrol santai dengan detikINET di Jakarta.


Semua materi di situs online education ini digarap Onno bersama rekan-rekan pengajar lainnya. Di dalam situs yang tampilannya masih sederhana ini, semua materi kuliah yang pernah diajarkan Onno dkk, tersedia lengkap dan bisa dipelajari secara gratis.


Saat kita membuka situs ini, yang mau jadi mahasiswanya Onno bisa langsung masuk ke bagian eLearning Rakyat. Kalau tak mau repot-repot bikin akun, kita juga bisa langsung masuk ikut kuliah dengan cara hadir sebagai 'guess' dengan password 'tamu'.


"Dalam waktu dua minggu, yang ikut di cyberlearning ini sekarang sudah hampir 800 peserta. Kebanyakan mereka berasal dari luar Pulau Jawa," pungkas Onno yang belakangan namanya sering diapungkan jadi kandidat Menkominfo di era Jokowi.


(rou/ash)