Modus Lama Toko Online Palsu yang Memperdaya

Jakarta - Nasib nahas dialami Ilyas. Pengguna internet asal Pekanabaru ini tertipu Rp 4 juta lantaran kepincut smartphone Sony Z2 murah. Uang sudah ditransfer, namun barang yang diimpikan tidak pernah sampai.

Ya, inilah yang biasa diratapi korban toko online abal-abal. Lantaran terbuai harga super murah, mereka tanpa pikir panjang langsung menyetorkan uang muka (down payment/DP) yang diminta penjual.


Biasanya pelaku terus memaksa pembeli untuk menambah uang dengan alasan barang terkirim dua unit atau dengan alasan ditahan bea cukai.


"Saya sudah lapor ke polisi namun polisi hanya bilang, kami tidak bisa melacak," ungkap Ilyas.


Ingat kasus Roy Suryo? Menteri Pemuda dan Olahraga itu tertipu saat berbelanja online sepeda fixie di salah satu situs penyedia iklan gratis. Lalu beliau melaporkan kasus ini ke polisi, dan tak lama-kemudian pelaku yang dicurigai tertangkap.


Menurut Erwan Saputra, pendiri polisionline.com -- situs verifikasi toko online -- setelah ditelusuri lebih jauh, penipu di era ini sudah makin mengerikan.


"Kami menemukan sebuah penawaran mobil Hummer (mobil mewah) di salah satu penyedia iklan gratis, sempat kami telepon pura-pura bertanya dan ingin membeli, harga mobil yang ditawarkan senilai Rp 865 juta. Wow fantastis bukan!" ungkap Erwan. Sebagai catatan, harga mobil Hummer sendiri paling murah di atas 1 miliar. Bisa dibayangkan berapa uang yang bisa dikeruk oleh si penipu.Next


(ash/fyk)