Google Rayakan Ulang Tahun ke 16

Jakarta - Ada yang berbeda saat membuka Google. Desain Google diubah menjadi bertema ulang tahun. Siapa yang berulang tahun? Ternyata ya Google sendiri.

Google didirikan oleh duet Sergey Brin dan Larry Page 16 tahun lampau, tepatnya pada September 1998. Sebenarnya tanggal kelahiran Google masih menjadi perdebatan. Tapi yang sudah jelas, di ulang tahunnya yang ke 16 ini, Google makin meraksasa.


Berawal dari mesin cari sederhana, Google kini merambah banyak bidang bisnis. Seperti sistem operasi Android yang saat ini dominan digunakan di smartphone, adalah produk Google.


Statusnya sebagai perusahaan raksasa juga bisa dilihat dari pendapatannya yang luar biasa. Sebagai gambaran, pendapatan Google di tahun 2013 mencapai USD 59,8 miliar.


Google saat dilahirkan dahulu dioperasikan pertama kali dari garasi rumah wanita bernama Susan Wojcicki di Menlo Park, California. Pada bulan September 1998, Susan menyewakan garasinya pada Sergey Brin dan Larry Page untuk dipakai menjadi kantor Google.


Masih berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Stanford, Page dan Brin memang belum bisa menyewa kantor yang layak untuk Google. Sehingga mereka menyewa garasi milik Susan senilai USD 1.700 per bulan.


Kini Larry Page dan Sergey Brin tinggal menikmati hasil kerja keras mereka dan punya kekayaan melimpah ruah. Lalu bagaimana dengan Susan? Ia diberi jabatan Vice President Google.


Selamat ulang tahun, Google!


(fyk/fyk)