Faktor yang Membuat Lensa Berukuran Besar

Jakarta - Mengapa ada lensa yang sekilas spesifikasinya mirip-mirip, tapi ada yang besar dan ada lensa yang ukurannya kecil? Penyebabnya bermacam-macam, antara lain:

1. Focal length (Jarak fokus lensa)

Semakin panjang focal length-nya (di atas 85mm), maka ukuran lensa juga otomatis akan semakin panjang. Yang ukurannya kecil biasanya lensa dengan jarak fokus lebar ke normal yaitu antara 28 mm sampai 50 mm.


Lensa dengan jarak fokus tersebut mudah dirancang supaya ukurannya kecil. Untuk lensa yang sangat lebar (wide angle) ukuran lensa berpotensi menjadi lebih besar daripada lensa normal, karena desainnya lebih rumit.


Lensa zoom juga akan membuat lensa yang lebih besar. Elemen-elemen lensa zoom lebih banyak dan lebih rumit sehingga ukurannya lebih panjang.


Ukuran lensa zoom akan sangat besar terutama untuk lensa zoom berbukaan besar (f/2.8) dan zoom dengan rentang focal lenght yang panjang, contohnya lensa 28-300 mm.


2. Bukaan lensa

Ini dia faktor yang sangat penting, semakin besar bukaan lensa, semakin besar ukurannya. Perubahan ukuran secara signifikan terlihat di lensa zoom, terutama yang focal lenght-nya panjang.


Contohnya diameter lensa Nikon 70-200mm f/2.8 dan 70-200mm f/4 berbeda 17mm, dan beratnya berbeda sampai 710 gram.Next


(ash/ash)