Telkom Ekspansi Amerika Serikat

Jakarta - PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) resmi masuk ke pasar Amerika Serikat, ditandai dengan pembukaan kantor Telekomunikasi Indonesia International USA, Inc (Telkom USA) di Los Angeles.

Kantor Telkom USA berlokasi di The Block Executive Suites, 700 South Flower Street, 11th Floor, Office No. 36, 37 A-B, Los Angeles, CA 90017. Peresmian pembukaan kantor Telkom USA ini dilakukan oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom, Ririek Adriansyah.


"Peresmian kantor Telkom USA adalah momen bersejarah bagi Indonesia, karena mulai saat ini Telkom yang merupakan milik rakyat Indonesia resmi ekspansi ke Amerika Serikat. Ini tentunya akan mendukung peningkatan hubungan bisnis Indonesia–Amerika Serikat yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Ririek.


Ririek menambahkan, Telkom USA akan masuk ke dalam bisnis wholesale dan enterprise di Amerika Serikat, di samping peluang peluang bisnis lain seperti layanan kepada komunitas Indonesia di Amerika Serikat yang jumlahnya cukup besar.


Dan yang tak kalah penting, keberadaan Telkom USA juga akan mendukung operasional network Telkom Group yang semakin besar di Amerka Serikat. Saat ini Telkom Group melalui anak usahanya Telin telah memiliki 6 PoP (Point of Presence) untuk mendukung konektivitas layanan internet ke Amerika Serikat.


Telkom sendiri telah bertekad untuk mewujudkan 'Indonesia Global Networks' melalui pembangunan kabel laut internasional, di mana pada tanggal 28 Agustus 2014 yang lalu, Telkom melalui Telin bergabung bersama operator kelas dunia lainnya dalam Konsorsium South East Asia – United States (SEA-US) melakukan penandatanganan kontrak kerja bersama pembangunan Sistem Kabel Laut International yang menghubungkan Indonesia kebelahan Timur hingga Amerika Serikat.


Setelah sebelumnya ikut serta dalam pembangunan sistem komunikasi kabel laut yang menghubungkan Indonesia ke negara-negara belahan Barat hingga Eropa melalui Konsorsium South East Asia - Middle East -Western Europe 5 (SEA-ME-WE 5) pada tanggal 7 Maret 2014 lalu. Next


(ash/fyk)