Telkomsel: Peluang Seluler Masih Besar di Bisnis Data

Jakarta - Meski penetrasi seluler sudah hampir 100%, namun pasar di industri telekomunikasi dinilai masih mempunyai ruang untuk berkembang, khususnya pada mobile data. Hal ini didukung oleh semakin gencarnya perkembangan broadband dan smartphone, yang akan mendorong perkembangan data dan digital business.

Demikian disampaikan Direktur Utama Telkomsel Alex Janangkih Sinaga dalam keterangan tertulis, Rabu (24/9/2014) usai menerima empat penghargaan sekaligus pada ajang 2014 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards di Jakarta.


Dalam ajang itu, Telkomsel dinobatkan sebagai Green BTS Operator of the Year, Mobile Broadband Service Provider of the Year, Mobile Data Service Provider of the Year, dan Mobile Service Provider of the Year. Keempat penghargaan ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai pemimpin pasar di industri seluler Tanah Air, khususnya di segmen mobile data.


"Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari transformasi perusahaan yang kami lakukan guna meraih pertumbuhan double digit yang berkelanjutan di tengah-tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi di era digital saat ini. Tentunya kami akan terus menghadirkan berbagai inovasi yang didukung oleh infrastruktur yang prima untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan," kata Alex.


Hingga semester I/2014, Telkomsel mengalami kenaikan trafik data hingga 147% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013. Hal ini diantaranya disebabkan oleh semakin bertambahnya pula pengguna smartphone di Indonesia (naik 56,8 % dibandingkan semester I/2013). Saat ini Telkomsel memiliki 63,3 juta pelanggan data atau tumbuh 22,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


"Dapat meraih Indonesia Mobile Data Service Provider of the Year merupakan bentuk pencapaian seluruh elemen perusahaan di dalam memberikan layanan data dengan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Penghargaan ini pun merupakan bentuk nyata kepuasan pelanggan dalam menikmati layanan data yang kami tawarkan," masih kata Alex.


Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menikmati layanan data yang cepat dan stabil, di manapun dan kapanpun, Telkomsel telah didukung oleh lebih dari 80,000 BTS (dengan lebih dari 35,000 BTS 3G/Node B) yang mampu menjangkau hingga 98% penduduk Indonesia.


"Segala yang kami lakukan saat ini merupakan upaya perusahaan guna mencapai visi sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya. Untuk itu kami akan secara konsisten membangun negeri melalui ketersediaan layanan telekomunikasi bergerak, termasuk penggunaan teknologi seluler terkini hingga ke pelosok tanah air, khususnya pada layanan data yang menunjukkan peningkatan trend pemakaian di masyarakat. Kami pun akan terus membangun ekosistem digital Indonesia melalui pendekatan pengembangan DNA atau Device, Network and Applications," tutup Alex.


(rou/rou)