Apple Buka Bisnis Daur Ulang iPhone

Jakarta - Karena permintaan pasar yang besar, bisnis penjualan ponsel bekas, khususnya iPhone, di China sangat menguntungkan. Sampai-sampai Apple tertarik ambil bagian di pasar tersebut.

Seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Jumat (27/3/2015), Apple dalam waktu dekat akan meluncurkan program tukar tambah iPhone bekas. Meski demikian, Apple tidak terjun langsung ke pasar. Pada pelaksanaannya di lapangan, Apple mewakilkannya pada Foxconn.


Nantinya, Foxconn akan membeli iPhone bekas dari para pengguna. Kemudian pabrik perakit gadget Apple asal China itu akan mendaur ulangnya, kemudian menjualnya kembali secara online melalui Taobao dan toko online khusus milik mereka.


Jika program ini sukses, tak menutup kemungkinan ke depannya juga akan tersedia toko fisik yang khusus menjual iPhone daur ulang ini. Namun kesuksesan program ini akan sangat bergantung pada harga yang mereka tawarkan untuk memborong iPhone bekas dari pasaran.


Kabarnya, sebuah iPhone 5S 16GB akan dihargai sekitar USD 300 atau Rp Rp 3,6 juta (USD 1 = Rp 12.000), lebih murah dibanding harga di pasaran saat ini.


(asj/rns)