Kopilot Germanwings Diduga Bunuh Diri, Media Sosial Bergejolak

Jakarta - Kopilot pesawat nahas Germanwings yang celaka di pegunungan Alpen, Prancis diduga sengaja menjatuhkannya. Media sosial pun bergejolak, banyak yang menyuarakan keprihatinannya peristiwa tersebut bisa terjadi.

"Bagaimana kalau menyebut kejadian ini sebagai pembunuhan massal 150 orang tak bersalah oleh psikopat yang bunuh diri? Hal tersebut rasanya cocok," tulis pengguna twitter di akin @kontinkiparakeet.


"Bagaimana bisa seorang kopilot bernapas dengan tenang ketika menghadapi kematian?" tulis pengguna Twitter lain bernama Kendra Yost.


Tapi tidak semua langsung mengecam sang kopilot. Sebelum penyelidikan dilakukan secara menyeluruh, mereka menilai masih terlalu dini mengambil kesimpulan kalau sang kopilot bunuh diri.


"Kenapa mengeluarkan kemungkinan kalau kopilot itu mungkin dalam keadaan tidak sadar dan tidak bisa merespons apa-apa dan aksinya tidak disengaja. Saat ini masih terlalu awal mengambil kesimpulan," tulis pengguna Twitter lain bernama Mureed Nazir.


Pengguna yang lain mempertanyakan soal teknologi di pesawat untuk mencegah kecelakaan semacam itu. Misalnya sistem autopilot dirancang dapat menghindari tabrakan.


"Mobil bisa berjalan dan parkir sendiri, jadi mengapa tidak autopilot di pesawat mampu mencegah pesawat itu menabrak gunung?" tanya Paul Dawson di Twitter.Next


(fyk/ash)