Bikin Video Pakai iMovie di iPhone 6 Makin Mudah, Ini Tipsnya

Jakarta - Salah satu aplikasi bawaan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang cukup favorit adalah iMovie. Aplikasi untuk membuat video klip atau film pendek ini dibuat ringkas dan user friendly meski tools yang disediakan tidak sekomplit versi PC. Tinggal potong, sambung, beri suara/efek lalu upload ke YouTube atau media sosial lain.

Saat dicoba untuk membuat video amatir beberapa waktu lalu, proses editing tidak lebih dari 15 menit untuk durasi 1,43 menit. Waktu singkat tersebut karena tools iMovie mobile version sangat mudah dipahami. Selain itu, kecepatan prosesor di iPhone 6 begitu sempurna. Sehingga proses cutting dan rendering ke New Project tidak memakan waktu lama.


Selebihnya, apa-apa saja yang patut diperhatikan?


Pertama, tentukan terlebih dahulu ide ceritanya. Tak perlu yang serius-serius namun tetap mempunyai narasi yang runut. Misalkan merekam kegiatan sehari-hari seperti memasak, bikin cover lagu, olahraga di sekolah atau kampus, kongkow-kongkow di kafe atau saat traveling.


Yang patut diperhatikan, cara mengambil gambar untuk video agak berbeda dengan memotret seperti biasanya. Kalau memotret, satu gambar seribu makna. Kalau video justru sebaliknya, seribu gambar satu makna.


Misalkan untuk membuat video memasak, bisa dibutuhkan hingga belasan angle. Dari overview, bahan makanan, ekspresi juru masak, detail api di kompor, detail pisau saat mengiris atau apapun yang bisa mendukung cerita.


Contoh lain kalau kongkow di coffee shop, tidak bisa mengambil satu-dua gambar doang seperti memotret. Perlu di-shoot buku menu makanan, suasana coffee shop, stok gambar interior, detail cangkir, detail mengaduk kopi, detail menyeruput kopi, dan ekspresi ngumpul-ngumpulnya.Next


(Ari/ash)