CEO Apple akan Sumbangkan Semua Hartanya

Jakarta - CEO Apple Tim Cook merencanakan untuk mendonasikan semua kekayaannya ke badan amal. Keputusan ini diambil setelah ia menyelesaikan semua biaya pendidikan keponakannya -- saat ini berusia 10 tahun -- hingga nanti ia kuliah.

Cook mempunyai kekayaan yang sangat melimpah, diperkirakan mencapai USD 785 juta atau sekitar Rp 10,2 triliun (USD 1 = Rp 13.000). Terdiri dari saham di Apple senilai USD 120 juta dan saham terbatas senilai USD 665 juta.


Keputusan bos Apple ini menambah panjang daftar orang super kaya yang memilih untuk menyumbangkan kekayaannya. Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), dan Larry Ellison (Oracle) adalah tiga di antaranya.


Tiga nama itu tercatat di situs Giving Pledge yang bertujuan untuk memudahkan para miliuner mendonasikan kekayaan. Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, pernah menyarankan para miliuner untuk menyumbangkan kekayaannya melalui situs tersebut.


Nama Cook memang tak terdaftar di situs tersebut. Ia mengaku sengaja tak mengumbar penerima donasinya, karena sedang membangun sebuah pendekatan yang lebih sistematik terhadap filantropi, yang lebih dari sekadar menuliskan cek.


Kekayaan Cook memang tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Bill Gates ataupun Mark Zuckerberg yang mencapai miliaran dolar. Namun Cook berharap bahwa keputusannya ini bisa membuat perubahan, seperti yang dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (27/3/2015).


Cook terbilang CEO raksasa teknologi yang kontroversial. Ia diketahui tak punya anak, bahkan pernah blak-blakan mengaku sebagai seorang penyuka sesama jenis (gay).


(asj/ash)