Drone Facebook Siap Bawa Internet ke Wilayah Terpencil

Jakarta - Facebook mengungkap informasi baru mengenai rencananya menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia. Facebook membuat drone yang siap diterbangkannya.

Di ajang F8 Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Facebook memamerkan foto prototype drone dengan nama kode Aquila yang dikembangkannya. Drone ini akan membawa akses internet hingga ke daerah-daerah terpencil.


"Desain akhir prototype drone Facebook yang memiliki bentuk seperti huruf 'V' ini akan punya sayap yang ukurannya lebih lebar dari sayap pesawat Boeing 737," kata Chief Technology Officer Facebook Mike Schroepfer.


Dilansir Mashable, Jumat (27/3/2015), pesawat tanpa awak yang menyebarkan akses internet tersebut sudah pernah diuji di Inggris. Drone Facebook memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber dayanya dan bisa bertahan di ketinggian lebih dari 60 ribu kaki.


"Pesawat tanpa awak seperti ini akan membantu menghubungkan seluruh dunia, karena bisa melayani 10% populasi dunia yang hidup di daerah-daerah yang infrastruktur internetnya belum menunjang," kata CEO Facebook Mark Zuckerberg.


(rns/ash)