Biro riset Gfk Asia menyebutkan, sebanyak 12,8 juta smartphone terjual di Asia Tenggara pada kuartal I 2013. Nah, dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (16/5/2013), sebanyak 8,8 juta di antaranya memakai OS Android.
Berarti, Android memegang pangsa pasar 69% di Asia Tenggara. Indonesia sendiri menjadi pasar terbesar dengan 4,5 juta unit smartphone terjual.
Dari jumlah 4,5 juta unit yang terjual di Tanah Air itu, sekitar 51% di antaranya atau sekitar 2,28 juta unit berbasis Android. Sayang tak disebutkan berapa pangsa pasar OS lain, namun sepertinya BlackBerry adalah pesaing terkuat Android di Indonesia.
Android cukup dominan di hampir semua negara Asia Tenggara, dengan market share di kisaran 2/3 dari keseluruhan penjualan smartphone di Malaysia, Thailand dan Vietnam. Bahkan di Filipina, pangsa pasar Android mencapai 90%.
(fyk/ash)