Ini 4 Jawara Lokal Lenovo-MTV Co:Lab

Jakarta - Kontes Lenovo-MTV Co:Lab telah memunculkan juara lokal. Mereka adalah Fahmy Arsyad Said, Adhika Prastomo, Zefanya Dolorosa dan Rahmat Tri Basuki yang berhasil menjadi jawara dari kategori DJ, vokalis/instrumentalis, pembuat film, dan seniman motion graphic.

Menurut Lenovo, keempat pemenang dari Indonesia ini muncul dari bidang yang sangat kompetitif berdasarkan perwujudan yang luar biasa dari tema 'Pulse of Your City'.


Karya dengan kategori vokalis/instrumentalis dari Fahmy Arsyad Said merupakan gabungan antara nyanyian dan ritmis yang berspirit tradisi serta unsur musik modern sebagai bentuk ekspresi denyut kota Palu.


Karya dari kategori DJ oleh Adhika Prastomo memadukan berbagai genre musik mulai dari trap, dubstep hingga etnik tradisional dan memadukan 3 instrumen tradisional (saluang dari Minangkabau, gamelan dari Jawa, dan angklung dari Sunda).


Dalam karya dari kategori pembuat film, Zefanya Dolorosa membayangkan kota Surabaya dengan langit yang biru, lalu lintas sepi, suasana yang tidak terburu-buru dan jalan-jalan kosong sehingga orang bisa berjalan-jalan dengan damai.


Sementara karya dari kategori motion graphic dari Rahmat Tri Basuki berbicara tentang warisan budaya Yogyakarta yang kaya seperti candi Prambanan dan Borobudur, kraton, angkutan tradisional seperti becak, andong dan sepeda ontel dan musik tradisional yang dikemas modern sebagai latar belakang.


Setiap karya yang dipilih ditentukan berdasarkan voting publik yang berlangsung dari 1-9 Mei, dan penilaian mentor lokal. Mentor lokal Lenovo MTV Co:Lab DJ Andezzz dan Renny Fernandez, menilai setiap karya dari kreativitas dan orisinalitas (35%), kerajinan dan keterampilan (35%), relevansi dengan tema (20%) dan faktor WOW mereka (10%).


Keempat pemenang dari Indonesia akan bergabung dengan 28 pemenang secara total di tujuh negara yang berpartisipasi dalam Lenovo-MTV Co:Lab -- India, Jepang, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand -- di antaranya hanya empat pemenang yang akan dipilih sebagai juara regional.


Empat juara regional final akan diumumkan pada tanggal 17 Mei, dimana mentor regional termasuk desainer kontemporer dan pembuat berbagai karya seni, Phunk dan DJ internasional ternama, Brendon P (DJ Dispensary) dan Matty Wainwright (DJ Dispensary), akan memilih salah satu pemenang proyek Lenovo-MTV dari setiap kategori kreatif.


Empat juara final di tingkat regional masing-masing akan mendapat hadiah USD 10.000 dan perjalanan ke Singapura untuk ikut serta dalam workshop lima hari.


Dalam enam minggu menjelang workshop, para mentor regional akan melatih dan berkolaborasi dengan para pemenang untuk mulai bekerja untuk menciptakan video musik eksklusif MTV dengan tema 'Pulse of the World'.


Selama workshop itu sendiri, para mentor akan bekerja sama dengan para pemenang, memberikan bimbingan pada aspek yang lebih halus dari produksi saat mereka menyelesaikan video musik.


"Lenovo-MTV CO:LAB diciptakan untuk memberdayakan kaum millenial yang tidak hanya bermimpi tentang tujuan mereka, tetapi untuk memberikan kesempatan mereka untuk terekspose lebih luas dengan platform regional yang dapat mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan," kata Fransisca Maya, Marketing Communications Manager, PT Lenovo Indonesia.


"Kami sangat senang mengumumkan Fahmy Arsyad Said, Adhika Prastomo, Zefanya Dolorosa dan Rahmat Tri Basuki sebagai empat pemenang Lenovo-MTV CO:LAB yang muncul dari bidang yang sangat kompetitif, dan berharap untuk menyaksikan diantara meraka akan ada yang berangkat untuk menjadi juara regional final," lanjutnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2013).


(ash/fyk)