BlackBerry 10 Dijejali 120 Ribu Aplikasi

Orlando - Kehadiran BlackBerry 10 sebagai sistem operasi baru memang masih dalam hitungan bulan, namun OS ini sudah mampu membuat vendor asal Kanada tersebut tersenyum.

"Tahun ini kami merasakan berbeda dari sebelumnya. Beberapa dari Anda (media-red) mengatakan jika konferensi awal tahun ini adalah yang terakhir. Saya senang akhirnya mereka salah," kata CEO BlackBerry Thorstein Heins di acara BlackBerry Live, yang turut dihadiri oleh detikINET.


"Ini boleh dibilang adalah tahun kesuksesan bagi BlackBerry," sebutnya tanpa menyebut berapa handset BlackBerry yang terjual.


Heins menambahkan, BlackBerry 10 tak sekadar menjadi mobile platform. Eksekutif asal Jerman itu mengklaim akan membawa OS BlackBerry 10 ini ke level mobile computing.


"Kami telah membangun BlackBerry 10 khusus untuk pasar ponsel dari bawah ke atas. Kami hanya fokus mobile. Kami tidak peduli tentang pengalaman di ranah desktop," tambahnya.


Heins pun kian sumringah saat mengumumkan bahwa sejak BlackBerry 10 diluncurkan melalui Z10 dan Q1, sudah ada 120 ribu aplikasi yang menjejali toko aplikasi untuk menyokong BlackBerry 10.


Memang Heins tak menyebutkan berapa dari 120 ribu aplikasi tersebut yang merupakan hasil porting dari Android.


"BlackBerry memiliki ekosistem yang berkembang dengan BlackBerry 10. Keuntungan developer dari BlackBerry dua kali lebih besar dari Google Play," tandasnya.


(rou/ash)