Facebook Home Dituding Mengecewakan

Menlo Park - Ekspektasi tinggi yang digantungkan terhadap Facebook Home tampaknya harus meredup dalam waktu singkat. Hanya dalam satu bulan setelah diluncurkan, aplikasi Facebook di Android ini dianggap mengecewakan.

Awalnya, Facebook Home memang menarik perhatian. Namun selanjutnya, seperti dilaporkan The Guardian, Rabu (14/5/2013), volume pengguna yang mendownload aplikasi ini menurun drastis dalam beberapa pekan terakhir.


Indikasi kekecewaan juga terlihat dari rating rendah yang diberikan pengguna terhadap aplikasi ini. Beberapa pengguna juga mengeluhkan Facebook Home menyedot daya tahan baterai. Tak hanya itu, Facebook Home juga menyulitkan pengguna saat akan memakai aplikasi dan layanan Android lainnya.


Nasib sama dialami ponsel yang di dalamnya dibenamkan Facebook Home, yakni HTC First. Tanpa menyebutkan data penjualan, AT&T pekan lalu memutuskan untuk memangkas harga smartphone HTC yang didistribusikannya itu.


Informasi lain yang dilansir Boys Genius Report menyebutkan, sumber internal AT&T yang tidak disebutkan namanya melaporkan, operator tersebut bakal memutuskan berhenti berjualan HTC First dalam waktu dekat.


Juru bicara AT&T yang dimintai konfirmasi hanya mengatakan pihaknya belum akan membuat keputusan apapun. Sementara itu, Facebook menolak mengomentari laporan ini.


Sebelumnya diberitakan, Facebook Home hanya butuh waktu satu bulan semenjak peluncurannya untuk melampaui 1 juta download. CEO Facebook Mark Zuckeberg memperkenalkannya sebagai aplikasi homescreen khusus di Android yang mampu terintegerasi lebih dalam.


(rns/ash)