KakaoGame Hadir di Indonesia

Jakarta - KakaoTalk gencar melakukan ekspansi di Indonesia. Menggandeng Telkomsel dan XL, aplikasi mobile messenger asal Korea ini menawarkan pengguna kedua provider telekomunikasi tersebut dengan seluruh aplikasi Kakao, tanpa harus berlangganan paket data tertentu.

Adapun aplikasi KakaoTalk yang ditawarkan kepada pengguna Telkomsel dan XL tersebut termasuk tentu saja KakaoTalk, KakaoStory, dan Kakao Game yang ditunggu-tunggu.


Digandengnya XL dan Telkomsel oleh KakaoTalk dirasa tepat, mengingat layanan messenger ini baru menghadirkan fitur KakaoGame 2 Mei lalu. Di negeri asalnya, game sukses menjadi sumber pendapatan utama KakaoTalk.


Seperti dikatakan Co-CEO Kakao Talk Sirgoo Lee beberapa waktu lalu, game juga menjadi bagian dari strategi untuk menggaet pengguna di Indonesia. Tak heran, mengingat saat ini menggaet sebanyak-banyaknya pengguna menjadi prioritas messenger yang baru meluncur di Indonesia pada 29 Maret 2013 ini.


"Kami sangat gembira menyaksikan semakin meningkatnya kecintaan masyarakat Indonesia kepada aplikasi-aplikasi Kakao. Untuk meningkatkan antusiasme pengguna KakaoTalk, kami sangat senang dapat memperkenalkan KakaoGame yang merupakan social games tersukses di Korea," klaim Kate Sohn, VP Global Business Development Kakao Corp. melalui keterangannya, Senin (13/5/2013).


Dengan terhubung melalui Friend List di KakaoTalk, para pemain KakaoGame dapat berbagi dan berkompetisi untuk meraih peringkat tertinggi di leader board dengan para pengguna KakaoTalk lain.


Hingga hari ini, delapan KakaoGames di Android dan empat KakaoGames di iOS telah tersedia di Indonesia. KakaoTalk berjanji akan memperbanyak pilihan gamenya dalam beberapa pekan mendatang.


Semua fitur di KakaoTalk dapat dinikmati pengguna Telkomsel secara gratis dan tanpa batas selama satu bulan mulai hari ini hingga 10 Juni 2013. Sedangkan para pengguna KakaoTalk di jaringan XL akan mendapatkan paket data internet gratis hingga 25 MB per hari untuk semua aplikasi Kakao sampai dengan tanggal 10 Agustus 2013.


Nah, untuk menjamin kuota data atau pulsa para pelanggan tidak terkena dampak, penggunaan data yang terkait dengan aplikasi Kakao akan di-whitelist oleh operator.


"Harapan kami, promosi ini akan menjadi langkah awal yang baik untuk menambah jumlah pengguna internet 3G di Indonesia, sehingga mereka dapat memperoleh peluang untuk menikmati konten smartphone yang berkualitas dengan bebas biaya data," tambah Kate.


(rns/fyk)