'Seksinya' Pasar Smartphone Tak Bikin Fujitsu Melirik

Tokyo - Fujitsu tak hanya dikenal sebagai vendor penyedia infratruktur, tapi juga lewat sejumlah produk konsumer seperti laptop dan smartphone. Pun begitu, mereka mengaku enggan untuk terjun lebih jauh di industri ponsel pintar.

Saat ini Fujitsu memang sudah membuktikan eksistensinya di industri smartphone melalui jajaran seri Arrow, ponsel pintar berbasis Android yang hanya dipasarkan di Jepang dan Jerman. Dua negara yang menjadi pusat pemerintahan Fujitsu secara global.


Beberapa ponsel Fujitsu pun punya keunikan tersendiri, salah satunya soal interface yang diklaim paling bersahabat. Bahkan para orang tua pun tak merasa kesulitan saat memakainnya.


Baru-baru ini Fujitsu juga dikabarkan tengah mengembangkan sebuah smartphone papan atas dengan spesifikasi tinggi. Konon, angka benchmarknya berhasil melampaui Galaxy S4.


Tapi sayang, meski punya potensi yang cukup besar namun Fujitsu mengaku tak tertarik untuk terjun lebih dalam ke industri smartphone. Produsen asal Negeri Sakura ini mengaku lebih memilih fokus terhadap bisni services di segmen enterprise.


"Industri smartphone sudah cukup ramai, dan sampai saat ini kami tidak punya rencana untuk serius di industri tersebut," kata Karl Verhaust, Vice President Cloud & Strategic Solutions, di sela-sela Fujitsu Forum 2013 di Tokyo International Forum 15-16 Mei 2013, yang dihadiri detikINET.


Pun begitu, Fujitsu terlihat masih ingin tetap terus membuat smartphone terkini. Hanya saja produk tersebut tidak akan dipasarkan di luar Jepang atau Jerman.


"Jika Anda ingin membeli ponsel Fujitsu, ya berarti Anda harus datang ke Jepang," kelakar bule yang fasih berbahasa Indonesia itu.


(eno/ash)