Bill Gates Akui Keberhasilan iPad

Jakarta - Selama ini Bill Gates dan Steve Jobs dikenal sebagai kompetitor sekaligus sahabat dekat. Termasuk soal keberhasilan iPad di pasar tablet, Bill Gates tak segan memujinya.

Pendiri Microsoft tersebut secara terbuka mengakui bahwa bakat desain Steve Jobs membantu Apple dalam menancapkan kedigdayaannya di pasar tablet dibandingkan perusahaannya.


"Kami membuat tablet jauh sebelum Apple melakukannya. Tetapi mereka yang berhasil lebih baik," kata Gates, seperti dikutip detikINET dari V3, Selasa (14/5/2013).


"Kepekaannya pada desain, bahwa semuanya harus cocok pada estetis tertentu. Fakta bahwa dia, dengan kecilnya latar belakang teknik yang dimilikinya, menunjukkan bahwa desain bisa membawa Anda ke arah yang benar. Sehingga produk fenomenal bisa lahir," tuturnya.


Gates menambahkan mereka berdua boleh dibilang memang tumbuh bersama. Dan meskipun terjadi persaingan ketat di antara mereka, tetap ada rasa saling menghormati.


"Usia kami hampir sama dan kami dulu semacam orang yang naif optimistik dan membangun perusahaan besar. Dan semua fantasi kami dalam menciptakan produk dan belajar hal baru, kami sudah mencapai itu semua," tukas Gates.


"Kebanyakan kami mencapainya sebagai rival. Namun kami selalu menjaga rasa respek dan komunikasi bahkan ketika dia sedang sakit," tambahnya dengan mata berkaca-kaca.


(tyo/fyk)