Facebook Katrol 'Kepintaran' Graph Search

Jakarta - Sejak diperkenalkan awal 2013, Graph Search, fungsi fitur pencarian di Facebook terus dikembangkan. Dalam beberapa minggu ke depan, Graph Search akan lebih 'pintar' dan bisa dinikmati lebih banyak pengguna yang memakai Facebook berbahasa Inggris.

"Puluhan juta orang telah membantu Facebook untuk meningkatkan kualitas performa Graph Search dengan mencobanya dan memberikan feedback," demikian disebutkan Facebook dalam keterangannya, Selasa (9/7/2013).


Saat ini, Facebook berupaya semakin memudahkan pengguna untuk menemukan berbagai hal. Perbaikan sejumlah fitur pun terus dilakukan, antara lain:



  • Speed. Graph Search memberikan hasil yang diklaim lebih cepat, baik dalam memberikan saran pencarian maupun memunculkan hasil pencarian.

  • Query understanding. Fungsi pencarian kini memahami lebih banyak jenis pertanyaan.

  • Results. Graph Searh memberikan hasil pencarian yang lebih baik dan relevan.

  • Interface. Kotak pencarian (search box) lebih mudah ditemukan dan digunakan. Semua pengguna Facebook yang menggunakan bahasa Inggris akan mulai dapat melihat kotak pencarian mereka diperbaharui.



Dengan diperluasnya ketersediaan Graph Search, Facebook juga akan menampilkan notifikasi di halaman Home. Notifikasi ini berisi pengingat untuk mengontrol detail hal yang dapat mereka bagi dan dengan siapa.


Pada notifikasi, pengguna disarankan memanfaatkan privacy tools untuk mengontrol apa yang mereka bagikan di Facebook. Pasalnya, konten mereka di Facebook nantinya bisa ditemukan dengan mudah melalui Graph Search.


Seperti diketahui, fitur pencarian Graph Search memungkinkan pengguna 'menjaring' teman-teman mereka, berbagi informasi, menemukan foto, tempat menarik seperti restoran atau toko yang disukai teman-teman di Facebook.


Beberapa waktu lalu, Facebook juga menambahkan fungsi hashtag sehingga semakin memperluas kapasitas pencarian Graph Search. Ke depan, Facebook juga sedang mempersiapkan Graph Search untuk dapat diakses dari perangkat mobile.


(rns/ash)