Microsoft Cari Kesempatan di Tengah Lesunya Pasar PC

Jakarta - Lembaga riset pemasaran International Data Corporation (IDC) Asia Pasifik menyebutkan, pada kuartal pertama 2013 pasar komputer di Indonesia turun 2%. Tapi hal ini justru dijadikan peluang baru oleh Microsoft.

Dibanding kuartal sebelumnya, penjualan komputer di Indonesia menurut IDC sudah tumbuh sebanyak 4%. Tapi secara keseluruhan jumlahnya turun 2% jika dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.


Turunnya penjualan komputer pun berimbas pada sejumlah vendor. Bukan hanya produsen hardware, tapi juga pemilik sistem operasi seperti Microsoft.


"Pertumbuhan komputer memang sudah stagnan, karena banyak pengguna yang sudah beralih ke smartphone dan tablet PC," jelas Direktur Marketing & Operasional Microsoft Indonesia, Bernard Saisse.


Otomatis, turunnya penjualan komputer seharusnya berimbas juga terhadap pertumubuhan Microsoft Windows sebagai sistem operasi yang paling dominan. Tapi hal ini ditepis oleh Saisesse.


"Tidak masalah dengan itu (penurunan-red), karena Windows kini tidak hanya dipakai pada komputer, tapi juga smartphone dan tablet. Lagi pula kami tidak hanya fokus pada penjualan produk, tapi juga merambah layanan," tambah pria ramah asal Perancis itu.


"Bagi kami ini adalah peluang baru," tandas Saisesse, saat ditemui detikINET dari kantor Microsoft Indonesia, Selasa (9/7/2013).


(eno/ash)