Samsung Bangun Markas Baru di Silicon Valley

California - Samsung akan segera mengisi daftar panjang perusahaan teknologi yang mendirikan markas riset pengembangannya di Silicon Valley, San Jose, California AS. Gedung seluas 100 ribu meter persegi (1,1 juta square-feet) ini juga difungsikan sebagai kampus masa depan.

Selain untuk penelitian dan kampus, manufaktur teknologi asal Korea Selatan ini juga akan mengisi bangunan tersebut dengan fasilitas mutakhir seperti gym, kafe, tempat serbaguna hingga kebun.


NBBJ, perusahaan arsitektur yang mendesain kantor Samsung di kawasan lembah ini, mengatakan desain yang ditampilkan berusaha untuk mendorong interaksi antarkaryawan, koneksi dengan komunitas, dan menyediakan ruang untuk menarik karyawan di pasar teknologi yang kompetitif.


Samsung, seperti detikINET kutip dari Cnet, Rabu (10/7/2013) berujar bahwa pendirian kantor litbang di Silicon Valley ini untuk memfasilitasi pertumbuhan di Amerika Serikat.


Dijadwalkan, gedung raksasa ini akan rampung pada pertengahan 2015. Sebelum Samsung, Silicon Valley 'dihuni' oleh banyak perusahaan teknologi lain, seperti Apple, Facebook hingga Amazon.


Sebelumnya, Samsung memang sudah memiliki kantor di area ini, namun hanya terdiri dari 350 pegawai. Samsung mengharapkan bisa mempekerjakan sebanyak 2.000 pegawai di gedung barunya yang dibagi menjadi research, development, dan sales.


(sha/rou)