Dibeli Microsoft Rp 79 Triliun, Saham Nokia Melejit

Helsinki - Saham Nokia melompat 45% di bursa Helsinki pada pembukaan perdagangan Selasa. Lonjakan saham terjadi setelah unit usaha mobile Nokia diakuisisi oleh raksasa teknologi Microsoft senilai USD 7,2 miliar (Rp 79 triliun).

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (3/9/2013), saham Nokia melompat 45% menjadi 4,3 euro pada pembukaan perdagangan di Bursa Helsinki, Finlandia. Selama ini saham Nokia tidak banyak bergerak setelah jatuh cukup dalam sejak beberapa tahun terakhir.


Hingga siang hari ini, sahamnya berada di kisaran 4,17 euro. Sebanyak 128,6 juta lembar sahamnya diperdagangkan sejak pagi tadi.


"Nokia akan memulai lembaran baru yaitu memfokuskan diri pada sektor mobile dengan memimpin di bidang networking, pemetaan dan lokasi serta kemajuan teknologi," tulis pernyataan bersama CEO Steve Ballmer dan CEO Stephen Elop di situs resmi Microsoft.


Seluruh transaksi ditargetkan selesai pada triwulan I-2014. Dari pembelian ini Microsoft akan menguasai unit bisnis perangkat, layanan, paten, dan layanan peta yang dimiliki Nokia.


(ang/ash)