Kodak Keluar dari Jurang Kebangkrutan

Jakarta - Legenda fotografi Kodak mengaku telah keluar dari kebangkrutan Chapter 11. Dalam keterangan resmi yang mereka keluarkan, Kodak mengatakan bahwa mereka telah menyelesaikan proses restrukturisasi.

Namun bukan berarti Kodak akan kembali ke bisnis film fotografi dan kamera yang membesarkan namanya. Kodak telah menutup divisi consumernya, termasuk kamera digital dan segmen printing. Mereka akan berfokus pada commercial printing untuk packaging dan proyek berskala besar.


Dikutip dari TheVerge, Rabu (4/9/2013), untuk mendanai transisi ini, salah satu aksi yang dilakukan Kodak adalah menjual portfolio patennya.


Eastman Kodak Co. yang dikenal kiprahnya di ranah fotografi, mulai tertatih-tatih karena menghadapi kompetisi dari perusahaan-perusahaan Jepang dan terlambat berpindah ke fotografi digital sehingga harus mendaftarkan kebangkrutannya Januari 2012 lalu.


Kodak pun terpaksa putar otak untuk bisa mempertahankan perusahaan. Salah satu proyek terbesar Kodak yang kini tengah dalam proses pengembangan adalah pembuatan layar sentuh murah untuk smartphone dan tablet. Untuk bisa memasuki produksi layar tersebut di akhir tahun ini, mereka telah mencapai persetujuan dengan perusahaan-perusahaan elektronik.


(sha/ash)