Jadi Politikus, Kim Dotcom Mundur Jadi Bos Mega

Jakarta - Kim Dotcom mengumumkan pengunduran dirinya dari Mega, layanan penyimpanan data yang didirikannya. Cukup mengejutkan, miliuner internet ini banting setir ke ranah politik.

Ya, Kim seperti dilaporkan Tech Radar, Kamis (5/9/2013) memilih meninggalkan proyek Mega demi berkonsentrasi mendirikan partai politik di Selandia Baru. Dia juga harus berusaha keras memperjuangkan ekstradisinya ke Amerika Serikat.


Pengunduran diri ini diumumkan Kim pertama kali pada 29 Agustus di pertemuan dewan direksi Mega. Pria bertumbuh tambun ini kemudian memberitahukannya juga ke publik melalui akun twitternya.


"Mega is in excellent hands. I resigned as Managing director to focus on my copyright case and a new political party," tulisnya.


Meski tak lagi menjabat sebagai Managing Director Mega, pria 39 tahun ini tidak akan sepenuhnya meninggalkan minatnya di dunia internet. Dia mengonfirmasikan rencananya untuk meluncurkan layanan musik berbasis web bernama Megabox.


Seperti diketahui, Kim yang tersandung kasus terkait dengan konten ilegal, saat ini bebas dengan jaminan pemerintah Selandia Baru. Dia tengah menunggu sidang ekstradisinya yang diperkirakan berlangsung April 2014.


Kim ditangkap di Selandia Baru setelah Megaupload resmi ditutup Januari 2012. Situs berbagi file miliknya ini dianggap melanggar hak cipta.


Sialnya, semua data milik pengguna yang ada di dalamnya tidak bisa dikembalikan. Sejak Megaupload dianggap melanggar hukum, semua data disita dan menjadi properti milik pemerintah AS.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!