Foto Panjat Pinang Jawara Kontes FotoStop 'Hari Kemerdekaan'

Jakarta - "Ekspresi alami bisa menceritakan sejuta cerita di dalamnya," demikian sepenggal cerita Dian Mulyadi, sang jawara kontes FotoStop bulan Agustus lalu yang mengambil tema 'Hari Kemerdekaan'.

Foto ini dijepret dengan kamera Sony Alpha 200 ini dan diberi judul "The pain we feel in separation is the price we pay for win".


"Foto tersebut diambil pada 17 Agustus sekitar pukul 16.30 sewaktu saya dalam perjalanan kembali dari bekerja. Saya melihat keramaian acara perlombaan hari kemerdekaan yang akan segera selesai dengan acara puncak panjat pinang," tutur Dian yang berprofesi sebagai wiraswasta.


"Sinar matahari dari sisi kanan objek dan sengaja saya tempatkan diri saya dari depan para objek dengan jarak sekitar 8-10 meter untuk merekam ekspresi mereka, karena ekspresi alami bisa menceritakan sejuta cerita di dalamnya," lanjutnya.


Menemani kameranya, Dian memakai lensa manual Osawa 135mm f2.8 dengan shutter speed yang diset manual di 1/800 sec, spot metering mode auto white balance dan contrast yang dinaikkan satu step di normal creative style kamera.


"Karena ini termasuk street photography, saya gunakan continuous shutter untuk merekam gambar secara terus menerus, agar saya tidak kehilangan momen yang saya inginkan," tutup pria kelahiran Medan ini.


Enche Tjin, fotografer profesional yang membantu pemilihan pemenang dalam kontes FotoStop ini berpendapat, foto berjudul 'The pain we feel in separation is the price we pay to win' memiliki komposisi yang paling baik dan yang penting foto ini bercerita tentang perjuangan memenangi lomba panjat pinang dengan ekspresi dari peserta lomba yang dramatis.


"Olah digital konversi ke hitam putih juga sangat cocok supaya pemirsa bisa fokus ke ekspresi daripada warna-warna baju, atau latar belakangnya. Komposisinya simetri, tapi tetap dinamis karena tinggi peserta lomba dan ekspresinya tidak sama. Teknik konversi hitam putih juga baik, membuat foto ini terlihat klasik dan bertekstur. Selamat kepada pemenang," jelas Enche.


Buktikan Kemampuan Anda dalam Tema Selanjutnya: Food Photography!


Ingin menjadi jawara kontes FotoStop selanjutnya? Kirim foto bertema Food Photography di link berikut. Anda bisa menjepret subjek/makanan favorit Anda, tentunya dengan pengaturan kamera yang pas dan penyajian yang menarik alias tidak 'asal jepret'.


Tekstur cake yang cantik hingga kesegaran yang terpancar dari buah-buahan adalah contoh subjek yang bisa Anda abadikan melalui lensa kamera. Siapaun bisa ikut kontes ini, pehobi foto maupun kalangan profesional. Satu pemenang akan dipilh tiap bulannya dan berhak mendapat hadiah Rp 500.000.


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!