Mantan Bos Nokia Buat Ponsel Android

Jakarta - Fans Nokia yang sudah lama menginginkan ponsel besutan perusahaan asal Finlandia tersebut berbasis Android, mungkin akan tertarik mendengar kabar yang satu ini. Salah satu mantan bos Nokia akan mewujudkannya.

Thomas Zilliacus, mantan CEO Nokia Asia Pacific, mendirikan perusahaan baru bernama Newkia. Perusahaan ini nantinya akan membuat ponsel yang menggunakan sistem operasi Android, satu hal yang dulu tak mungkin dilakukan saat masih berada di Nokia.


Dikutip dari Slash Gear, Minggu (8/9/2013), Zilliacus mempekerjakan sejumlah mantan karyawan Nokia yang menginginkan ponsel 'Nokia' rasa Android. Pria yang bekerja di Nokia lebih dari 15 tahun ini juga mengungkapkan keinginannya membeli bisnis Nokia setahun lalu dan berharap Nokia mulai tertarik kepada OS robot hijau tersebut.


Sayangnya, hal ini tidak pernah terjadi. Selanjutnya, Nokia kini malah menjadi milik Microsoft. Dengan dibelinya Nokia oleh Microsoft, seolah menegaskan Nokia tidak akan berpaling dari Windows Phone.


Newkia kabarnya akan berkantor pusat di Singapura, namun Zilliacus berencana menempatkan tim R&D di Finlandia. Ponsel pertama Newkia diperkirakan akan hadir satu tahun dari sekarang. Meski menyasar pasar Asia, tidak menutup kemungkinan Newkia pun akan merambah Amerika Serikat.


(rns/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!