Mantan Bos Android Disambut Bak Superstar

Beijing - Ada yang berbeda saat mantan Direktur Manajemen Android Hugo Barra akan memulai debutnya bekerja sebagai bos Xiaomi--produsen ponsel asal China. Dia disambut bak artis atau bintang rock yang akan manggung.

Situasi kacau terlihat saat Barra akan memasuki ruangan dimana acara rilis ponsel dan televisi besutan Xiaomi akan berlangsung. Dia bahkan harus ditolong penjaga keamanan untuk bisa lepas dari kerumunan para fans Xiaomi dan media yang mengelu-elukan namanya.


Kehebohan tak berhenti sampai di situ. Saat di panggung, ratusan pengunjung yang merupakan fans Xiaomi terus bersorak saat CEO Lei Jun memulai pembukaan acara.


Malahan, seperti yang detikINET kutip dari The Verge, Jumat (6/9/2013), tak sedikit dari para fans Xiaomi itu membawa tongkat cahaya. Hal yang biasa terjadi saat ada pertunjukan musik dari girl band atau idol group sedang manggung.


Akhirnya, Barra pun bergabung dengan Jun di panggung, sontak sorak-sorai dari fans Xiaomi bergemuruh. Dia mengatakan akan mulai bekerja untuk perusahaan sebagai wakil presiden pada bulan Oktober, memimpin upaya ekspansi internasional Xiaomi, dan berencana untuk mulai belajar bahasa China.


Vendor China memang tak bisa dipandang sebelah mata lagi. Menurut Digitimes Research hingga pertengahan 2013 ini vendor asal China telah mengapalkan sebanyak 148 juta unit smartphone selama semester pertama 2013.


Menariknya, para vendor seperti Xiaomi atau OPPO di Indonesia berani menyasar segmen premium dengan menghadirkan smartphone berkelas, tak murahan namun masih dengan harga yang terjangkau.


Padahal seperti diketahui, pasar ponsel cerdas kelas atas lebih banyak didominasi oleh vendor asal Korea Selatan atau Amerika serikat seperti Samsung, LG atau Apple.


Kesan ponsel China yang kental sebagai ponsel murahan berlahan mulai meluruh. Xiaomi, OPPO, Huawei dan Lenovo adalah bukti bahwa mereka siap go internasional dan tak hanya jago kandang.


(tyo/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!