Demi KTT-APEC di Bali, XL Siapkan Jaringan Berlapis

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjuk XL Axiata sebagai telco partner untuk layanan telekomunikasi selama pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Bali, 1-8 Oktober 2013 mendatang.

Dalam ajang itu setidaknya ada 5000 media dari mancanegara yang akan berpartisipasi dalam pertemuan penting tersebut. Itu belum termasuk para kepala negara dan delegasi VIP lainnya. Bisa dipastikan, kawasan Nusa Dua tempat berlangsungnya acara akan disesaki trafik komunikasi.


"Sejak empat bulan kita melakukan persiapan, sampai saat ini kita 90% sudah siap. Apalagi XL di Bali jumlah pelanggan kita besar dan nomor satu di sana," ujar Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, saat media update di Menara Prima, Jakarta, Selasa (3/9/2013).


Ongki menambahkan, untuk menjamin telekomunikasi berjalan lancar tanpa terputus, XL melakukan back up sebanyak tiga lapis. Sehingga bila satu lapis mengalami gangguan, langsung di-back up di lapisan kedua dan ketiga.


Ia juga mengklaim, jaringan XL di area Nusa Dua sudah full 3G dengan kapasitas yang cukup besar. Jumlah BTS di area Nusa Dua terdiri dari 45 BTS 2G dan 51 BTS 3G.


Selain itu, jaringan XL di Bali didukung oleh hamparan fiber optic dari Bali menuju Jawa, Bali-Lombok-Sulawesi, serta dua lapis ring di Pulau Bali (ring di Kota Denpasar dan Kuta).


"XL sudah membangun tiga kabel FO submarine sendiri yang sudah mencapai 1082 km dengan Kapasitas 180 GB per detik. Tapi untuk memastikan keamanan, kita juga menyewa kabel FO dari perusahaan lain," kata Vice President Project Management Office XL, Agus Simorangkir.


Selain itu fasilatas lain yang diberikan oleh XL untuk delegasi APEC ialah fitur untuk interlokal. Ongki menjamin roaming akan dilakukan dengan mulus. "Selain itu kita sediakan free call untuk layanan VoIP dan nomor lokal secara otomatis saat mereka mendarat di Bali," tandas Ongki.


(tyo/rou)